Tips untuk Mengatasi Mual Muntah saat Hamil

Mual dan Muntah Saat Hamil Muda

Tips untuk Mengatasi Mual Muntah saat Hamil

Hampir setiap ibu hamil, mengalami yang namanya Mual dan Muntah. Hanya saja kadar dan frekuensinya yang berbeda beda satu sama lain. Bahkan, mual muntah bisa jadi merupakan salah satu tanda awal kehamilan. 

Kebanyakan ibu hamil, hanya mengalami muntah saat pagi hari. Itulah sebabnya kenapa mual saat hamil disebut juga dengan morning sickness. Meskipun demikian, banyak juga yang mengalami mual sepanjang hari. Bahkan, hingga memerlukan perawatan intensif karena dehidrasi.

Mual dan Muntah saat hamil yang berlebihan, apalagi jika ibu tidak bisa mendapat asupan makanan sama sekali dapat membahayakan ibu dan calon bayi. Oleh karena itu, penting untuk tetap memaksa masuk makanan meskipun mual melanda.

Beruntung, bagi Anda yang hamil tetapi tidak pernah mengalami siksaan berupa mual muntah.

Apa saja Penyebab Mual Muntah Saat Hamil?


Banyak hal yang menyebabkan ibu hamil muda mengalami mual muntah. Diantaranya :

Pengaruh dari Hormon Estrogen

Hormon Estrogen yang meningkat, membuat kadar asam lambung ikut meningkat. Hal inilah yang memicu munculnya rasa mual. Keluhan ini lebih sering muncul di pagi hari dimana perut ibu dalam keadaan kosong.

Faktor HCG


 HCG atau Human Chorionic Gonodotrophin yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan diduga merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa mual. Kadar HCG akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Demikian juga dengan keluhan mual muntah yang akan berkurang saat masuk usia trimester kedua.

Berubahnya metabolisme glikogen hati


Inilah yang diduga dapat memicu munculnya mual dan muntah.Namun keluhan ini akan lenyap saat terjadi kompensasi metabolisme glikogen dalam tubuh.

Faktor psikologis


Biasanya ini terjadi pada ibu yang belum siap hamil atau tidak sengaja hamil. Pikiran yang stress dan tertekan juga dapat memicu terjadinya mual muntah saat hamil

Rahim yang Membesar


Rahim yang mulai membesar, mempersiapkan ruang untuk janin, biasanya akan menekan lambung. Hal ini juga dapat memicu terjadinya mual dan muntah saat hamil.

Mual saat hamil muda masih tergolong wajar dialami oleh para ibu. Namun, jika si ibu tidak bisa mendapat asupan makanan sama sekali, hal ini cukup berbahaya dan harus menjadi perhatian. Karena dapat berimbas pada berat badan ibu dan juga perkembangan janin.

Bagaimana tips Mengurangi Mual Muntah saat Hamil?


Berikut beberapa tips untuk mengatasi mual muntah saat hamil muda :
  • Ubah pola makan Anda menjadi sedikit sedikit tetapi sering. Makan dalam porsi besar sekali makan dapat memperburuk keadaan Anda. Makanlah secara teratur, jangan menunggu Anda merasa lapar.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Misalnya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran serta makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, biscuit, kentang. Hal ini akan membantu mengurangi rasa mual muntah Anda.
  • Jangan buru-buru bangun dari tidur saat pagi hari. Cobalah berbaring sejenak, baru kemudian bangun perlahan. Siapkan snack atau makanan ringan di dekat tempat tidur, dan coba makan sedikit sebelum Anda bangun.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu produksi gas berlebih di lambung seperti nangka, durian, kol, , dan lain-lain.
  • Hindari makanan yang berminyak, berlemak, dan pedas karena makanan ini hanya akan memperburuk rasa mual anda.
  • Cukupkan asupan air, agar Anda terhindar dari dehidrasi. Minum air putih atau jus dan hindari minuman berkafein ataupun bersoda.
  • Vitamin untuk kehamilan seperti asam folat biasanya memicu mual dan muntah saat hamil. Konsultasikan dengan dokter Anda, agar diberi penanganan tentang mual Anda. Misalnya dengan diberi obat anti mual yang tentu saja harus dengan resep dokter.
  • Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil.  Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.
  • Cobalah resep tradisional. Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.
  • Istirahat yang cukup dan rilex. Banyak pikiran, was was dan stress hanya akan memperburuk keadaan Anda. Cobalah nikmati kehamilan Anda dan alihkan perhatian dengan membaca majalah atau mendengarkan musik.
  • Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter Kandungan Anda jika mual muntah Anda dirasa sangat mengganggu. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ingin mempunyai banyak ilmu dalam menghadapi kehamilan Anda tapi malas browsing satu per satu di Internet?

Coba baca Buku Panduan Kehamilan ini

Buku panduan masa kehamilan ini disusun oleh dr. Riyani Limoa, SpOG. Dalam PAKET IBU HAMIL Anda juga akan mendapatkan buku yang di tulis berjudul Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil. Buku yang berisi 363 halaman ini mencakup semua tips dan informasi yang Ibu perlukan untuk memudahkan proses kehamilan saat ini dan persalinan nanti.

Ada beberapa pertanyaan penting yang di bahas dalam buku ini yang saya yakin Anda juga menanyakan hal yang sama:

  • Bagaimana mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil?
  • Makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan?
  • Bagaimana mengurangi rasa sakit saat persalinan?
  • Bagaimana cara mencegah agar bayi saya tidak cacat?
  • Olahraga apa saja yang boleh dilakukan ibu hamil untu menjaga kebugaran?
  • Bagaimana perkembangan janin dalam perut setiap bulannya? (Dalam buku ini dijelaskan secara rinci apa saja yang terjadi di dalam perut Anda setiap bulannya. Dilengkapi dengan gambar)
  • Apa saja kondisi yang memungkinkan dilakukan operasi Caesar?
  • Bagaimana menurunkan berat badan setelah melahirkan?
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tunggu apalagi, Pesan Sekarang juga. KLIK DI SINI!!

Panduan Lengkap untuk Ibu hamil


4 Komentar untuk "Tips untuk Mengatasi Mual Muntah saat Hamil"

tips sangat berguna www.mnmforlife.blogspot.com

Mksh bnyk tipsnya, sangat bermanfaat bagi saya.

apakah minum air jahe aman untuk kandungan?

Thank ilmunya...
www.nadhifaherba.blogspot.com

Back To Top