30 April 2013

Tips untuk Mengatasi Mual Muntah saat Hamil


Cara Cepat Hamil
Mual muntah biasanya merupakan salah satu tanda terjadinya kehamilan. Dan ini wajar terjadi. Hampir setiap ibu hamil mengalami mual muntah atau morning sickness terutama pada trimester pertama kehamilan atau selama 3 bulan pertama.

Setiap wanita hamil berbeda satu sama lain. Ada yang mengalami mual muntah yang berlebihan sehingga memerlukan pengobatan dan ada yang justru tidak merasakan mual sama sekali.

Banyak hal yang menyebabkan ibu hamil muda mengalami mual muntah. Diantaranya :
  1. Meningkatnya hormon Estrogen. Meningkatnya hormon estrogen membuat kadar asam lambung meningkat, sehingga muncul rasa mual. Keluhan ini biasanya muncul di pagi hari saat perut ibu dalam keadaan kosong dan terjadi peningkatan asam lambung.
  2. Faktor HCG. HCG adalah Human Chorionic Gonodotrophin yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan diduga merupakan penyebab timbulnya rasa mual. Tak heran bila keluhan mual muntah biasanya akan mereda dengan sendirinya sering bertambahnya usia kehamilan.
  3. Berubahnya metabolisme glikogen hati. Inilah yang diduga dapat memicu munculnya mual dan muntah.Namun keluhan ini akan lenyap saat terjadi kompensasi metabolisme glikogen dalam tubuh.
  4. Faktor psikologis dimana seorang ibu yang tengah hamil muda, belum siap hamil, atau malah tidak menginginkan kehamilan lazimnya akan merasa sedemikian tertekan. Perasaan tertekan inilah yang semakin memicu mual dan muntah.
Ibu hamil yang mengalami mual muntah biasanya akan susah makan yang berimbas kepada berat badan dan gizi janin. Untuk itu, meskipun mual muntah dianggap wajar, sebaiknya ditangani agar gizi anak tetap terjamin.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi mual muntah saat hamil muda :
  • Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar karena hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering.
  • Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual anda. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll
  • Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.
  • Hindari makanan yang dapat memicu produksi gas berlebih di lambung seperti nangka, kol, durian, dan lain-lain.
  • Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.
  • Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
  • Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda ini. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter anda sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan anda konsumsi. Dan dokter anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.
  • Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil.  Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.
  • Pengobatan Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.
  • Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. . Ambilan waktu untuk anda! cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya.:-)  
Apabila Anda mengalami mual yang berlebih, segera konsultasikan ke Dokter kandungan Anda, untuk mendapatkan perawatan. Demikian tips mengatasi morning sickness pada ibu hamil muda.

Baca juga info lainnya :



5 komentar:

tips sangat berguna www.mnmforlife.blogspot.com

Mksh bnyk tipsnya, sangat bermanfaat bagi saya.

apakah minum air jahe aman untuk kandungan?

Thank ilmunya...
www.nadhifaherba.blogspot.com

Satu lagi yang anda lupakan, saya tambahin dikit yach...atasi mual muntah dengan aroma terapi. Ada banyak aromaterapi yang bisa kita beli di toko, ada yang aroma lavender, kayu putih, jeruk, lemon, peppermint, dsb. Yang jelas sesuaikan dengan selera anda, aroma terapi bisa membantu anda mengurangi rasa ingin muntah bagi wanita hamil.

Postingnya inspiratif, kunjungi balik juga blogku yach...
http://hamildewasa.blogspot.com/

Salam kenal :)

Poskan Komentar