Kegemukan Penyebab Susah Hamil

kegemukan penyebab susah hamil
Kegemukan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab susah hamil. Karena kelebihan jaringan lemak yang terdapat dapat memicu over produksi hormon estrogen, yang berakibat hormon yang terbentuk menjadi kurang atau tidak seimbang, dan akan mengganggu siklus ovulasi. Dapat terlihat dari tidak teraturnya siklus menstruasi yang terjadi.

Penelitian dari Academic Medical Center di Amsterdam menemukan, obesitas memengaruhi kematangan sel telur dan berdampak pada pembuahan pada wanita penderita obesitas.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Human Reproduction menggunakan subjek penelitian sebanyak 3.000 pasangan, antara tahun 2002-2004, pada 24 rumah sakit di Belanda. Dokter Jan Willem van der Steeg menemukan hubungan antara kesuburan pada wanita dan body mass index (BMI), yaitu rasio antara tinggi badan dan berat badan. Wanita yang mempunyai BMI atau lebih disebut obesitas.

Penelitian menemukan, wanita dengan BMI 30 atau lebih mempunyai kemungkinan lebih rendah untuk hamil secara alami dibandingkan wanita yang mempunyai BMI normal antara 21-29. 

Untuk menghitung BMI Anda, anda bisa menggunakan tools penghitung BMI yang banyak tersedia di Google.

Kegemukan juga merupakan salah satu kemungkinan gejala dari kondisi yang disebut sebagai Sindroma Ovarium Polikistik (PCOS:  polycystic ovary syndrome) dimana terjadi gangguan pengaturan hormon insulin, peningkatan hormon androgen, sehingga berakibat  pada :
- gangguan kematangan sel telur
- gangguan siklus haid
- munculnya jerawat dan kumis tipis atau bulu-bulu halus
- peningkatan berat badan

Akan tetapi tidak semua orang gemuk tidak bisa hamil. Hal ini tentu saja juga dipengaruhi oleh faktor lain. Seperti riwayat kesehatan keluarga dan sebagainya. Jika Anda termasuk orang yang obesitas atau kelebihan berat badan dan kebetulan susah hamil, tidak ada salahnya Anda mencoba menurunkan berat badan Anda.

Selain sebagai upaya untuk cepat hamil, penampilan Anda pun akan lebih cantik. Serta kesehatan Anda pun akan lebih baik karena bagaimanapun juga orang yang obesitas bisa jadi mengidap suatu penyakit. Termsuk menyebabkan susah hamil.
0 Komentar untuk "Kegemukan Penyebab Susah Hamil"

Back To Top