Haid Tidak Teratur Penyebab Susah Hamil

Haid yang tidak teratur patut diwaspadai. Apalagi bila terjadi tidak haid sampai berbulan bulan bahkan bertahun tahun.

Normalnya, setiap bulan seorang wanita akan mengalami ovulasi yaitu matangnya 1 buah sel telur yang akan keluar dari indung telur dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Jika tidak terjadi pertemuan dengan sperma, maka dinding rahim yang sudah menebal untuk siap menerima embrio akan luruh dan keluar dalam bentuk menstruasi. Siklus ini berulang setiap bulannya dalam jangka waktu 20-40 hari. Terjadinya siklus ini, baik keluarnya sel telur dari inding telur ataupun luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon di dalam tubuh. Keseimbangan ini terjadi karena ada beberapa hormon yang mempengaruhi, dan sebagian mencapai puncak pada saat-saat tertentu dan mencapai titik terendah pada saat tertentu pula. Apabila terjadi ketidakseimbangan hormon ini, maka menstruasi tidak akan terjadi.

Berdasarkan analisa di atas, maka wanita yang tidak mengalami haid sampai bertahun tahun maka tergolong tidak normal. Dengan tidak adanya menstruasi maka kemungkinan besar tidak ada sel telur matang yang dilepaskan dan siap dibuahi. Sehingga kemungkinan akan menyebabkan susah hamil.

Apabila hal ini terjadi pada Anda, segeralah periksa ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebab dan bagaimana mengatasinya.

1 Komentar untuk "Haid Tidak Teratur Penyebab Susah Hamil"

sangat bermanfaat sharing artikelnya, makasih....

Back To Top